Jagex Acquires US-Based Pipeworks Studios

Jagex Acquires US-Based Pipeworks Studios

Jagex Pipeworks Studios

Pengembang dan penerbit Jagex telah mengumumkan akuisisi pengembang Pipeworks Studios yang berbasis di AS. Pipeworks Studios adalah studio pengembangan yang sangat mapan yang terdiri lebih dari 200 orang yang berbasis di Eugene, Oregon. Ini menjadikan akuisisi ini sebagai akuisisi pertama studio eksternal oleh Jagex. Langkah ini mencerminkan komitmen penerbit untuk memperluas tim bakat kelas dunia serta pertumbuhannya di Amerika Utara. Jagex paling dikenal dengan judul RuneScape dan Old School RuneScape. Keduanya adalah MMORPG yang dapat dimainkan secara gratis.

Terlepas dari dua judul utama ini, Jagex juga telah merilis beberapa game kasual di Portal FunOrb-nya. Akuisisi ini mengikuti periode pertumbuhan yang kuat untuk Jagex di mana perusahaan memantapkan dirinya sebagai pemimpin dalam game berbasis komunitas. Jagex telah mencatat rekor pendapatan game-as-a-service selama lima tahun, serangkaian kesepakatan penerbitan pihak ketiga dan keanggotaan waralaba RuneScape tertinggi yang pernah ada. Jagex sebelumnya diakuisisi oleh perusahaan investasi global Carlyle (NASDAQ: CG_ pada tahun 2021 untuk mendukung strategi pertumbuhan perusahaan bersama dengan M&A.

Phil Mansell, CEO Jagex berkata:

Kami senang menyambut Pipeworks ke dalam Keluarga Jagex. Pipeworks menghadirkan peluang luar biasa untuk menghadirkan bakat pengembangan game kelas dunia. Studio ini menghadirkan keahlian pengembangan game tingkat elit, khususnya dalam game AAA sebagai layanan, dengan rekam jejak kolaborasi yang patut dicontoh dengan pembuat game terbaik dunia. Lindsay (CEO Pipeworks) dan timnya telah menjalankan grup yang sukses dan menguntungkan selama bertahun-tahun, dan kami berharap dapat bekerja sama untuk menerbitkan IP yang dikembangkan Pipeworks dan mempercepat pertumbuhannya.

Jagex Pipeworks Studios

Lindsay Gupton, CEO Pipeworks Studios berkomentar:

Ini adalah kesempatan bagi kami untuk naik level sekali lagi karena kami masing-masing membawa pengalaman kami sendiri yang berbeda ke dalam kemitraan. Pendekatan Jagex dalam menyediakan platform terdepan bagi pengembang untuk membuat game berbasis komunitas yang tahan lama dan kaya konten sepenuhnya selaras dengan model kerja untuk disewa Pipeworks dan fokus pada pembuatan game dan teknologi yang inovatif.

Michael Wand, Managing Director, dan Co-Head tim penasihat Carlyle Europe Technology Partners merinci:

Pada Januari 2021, Carlyle mengakuisisi Jagex untuk mendukung fase pertumbuhan perusahaan berikutnya, termasuk mempertahankan fokus pada waralaba RuneScape intinya sambil semakin mendiversifikasi bisnis dan portofolionya. Akuisisi Pipeworks sejalan dengan strategi ini, dan kami senang dapat mendukung Jagex dengan transaksi ini.

Developer Pipeworks didirikan kembali pada tahun 1999 dan sejak itu, pengembang telah membangun reputasi sebagai kekuatan global dalam game dan solusi teknologi canggih untuk IP yang sudah mapan dan yang baru muncul. Tim Pipeworks yang terdiri dari lebih dari 200 karyawan telah mengirimkan lebih dari 125 game dan tertanam kuat dalam waralaba utama untuk mitra termasuk EA Sports, Wizards of the Coast, Activision, Genvid, MetaTeq, dan banyak lagi. Beberapa judul terkenal yang pernah dikerjakan oleh Pipeworks Studios di masa lalu termasuk Terraria, Prominence Poker, Zumba Fitness, Prince of Persia: Warrior Within, dan Godzilla Unleashed di antara banyak lainnya.

Rincian akuisisi Pipeworks Studios oleh Jagex tidak diungkapkan pada saat ini, namun Aream & Co. bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif Grup Sumo dan Allen & Overy sebagai penasihat hukumnya dan Linklaters sebagai penasihat hukum Jagex.

Author: Nicholas Roberts